Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD)

Hai Sobat BBM Images di mana pun kalian berada. Selamat datang di blog penyedia Gambar Animasi DP BBM terbaru dan terbaik. Kami akan selalu menghadirkan DP BBM yang fresh from the computer, serta dibuat langsung oleh ahlinya. Terima kasih telah berkunjung.

Wanita ... anggun, manis, cantik dan lemah lembut itu sih sudah biasa. Ini baru wanita-wanita luar biasa. Tak hanya cantik, mereka juga tangguh dan kuat secara fisik dan mental. Mereka tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat atau disingkat Kowad.  Pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat terinspirasi berkat buah perjuangan para Pahlawan Wanita di negara kita tercinta yang turut berperan dalam menegakkan kemerdekaan Indonesia dan upaya para pendahulu untuk meraih kemajuan buat kaum wanita.

Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD)

Menurut Wikipedia, pada saat tahun 1959 Asisten 3 personel Kasad Kolonel Dr. Sumarno mengungkapkan gagasannya tentang penggunaan tenaga militer wanita buat bidang-bidang penugasan tertentu yang memerlukan ketelitian, ketekunan, kesabaran, dan sifat-sifat keibuan yang menjadi kodrat wanita supaya lebih mencapai afiliasi organisasi.  Hingga pada akhirnya pembentukan Kowad ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Pangad No.1056/12/1960 tanggal 21 Desember 1960. Meskipun Kowad disyahkan pada tanggal 21 Desember 1960, namun Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember. Penetapan ini dimaksudkan karena pada tanggal 22 Desember 1938 dilangsungkan Kongres Wanita Pertama yang dikenal Hari Ibu, karena Hari Ibu merupakan kehormatan bagi ibu Indonesia sebagai ibu keluarga, ibu masyarakat dan ibu bangsa, maka lahirnya Kowad diharapkan sebagai kebanggaan kaum ibu.

"Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa" , demikianlah motto para anggota Kowad. Makna dari kata kiasan tersebut adalah jika Kowad kehadiran para Kowad bukan sebagai penghias lingkungan kerja, namun adalah sebagai prajurit wanita yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bersih hati, jujur, memiliki sikap kemandirian yang tinggi, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya serta penuh pengabdian terhadap Negara, Nusa dan Bangsa Indonesia.

Semboyan KOWAD :
"Walaupun militer tetap wanita,”
“ walaupun wanita tetap militer”
" Tak lekang akan panas, tak lapuk akan hujan”

Hanya wanita-wanita Indonesia yang sudah memenuhi beberapa persyaratanlah yang kemudian dapat dilantik untuk menjadi prajurit TNI-AD, dan untuk menjadi seorang Kowad harus melewati beberapa tahap seleksi. Diantaranya Kesehatan, Kesemaptaan, MI, Fisiko, Keswa dan Postur. Tidak semua wanita di indonesia dapat bergabung dalam lingkungan militer, karena untuk menjadi kowad membutuhkan usaha dan kesungguhan.

Jadi buat yang dikit-dikit mengeluh, gampang putus asa, dan galau mulu kayak aku dijamin nggak lolos. Hahaha... Berhubung lagi hari jadi Kowad, yuk, kita para wanita Indonesia berkaca pada mbak-mbak cantik dan tangguh. Kalau mereka saja bisa tegar, kuat, tangguh, dan mandiri, masa kita nggak? Mereka saja bisa mengendalikan senjata dengan baik, masa kita mengendalikan perasaan saja nggak bisa? Nggak malu baperan mulu?

Nah, kebetulan dalam rangka menyambut hari jadi Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) pada kesempatan kali ini selain membahas sedikit di atas, seperti biasa kami akan menghadirkan DP BBM spesial. Semoga bermanfaat untuk kita semua. See you next post. Bye-bye ....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD)"

Post a Comment