Pilih Asuransi Atau BPJS Kesehatan Perusahaan

Apabila kita bingung dengan pilihan untuk perlindungan diri menggunakan asuransi atau BPJS kesehatan perusahaan maka sebaiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Dalam hidup, kesehatan merupakan hal yang tidak ternilai dan sangat perharga. Karena itu banyak yang memilih menggunakan asuransi untuk mempersiapkan jaminan kesehatan. Tetapi  selain asuransi dari swasta, pemerintah juga mempunyai program kesehatan yang bernama program BPJS kesehatan.

BPJS Kesehatan perusahaan merupakan jaminan kesehatan yang diberikan secara gratis oleh pemerintah dengan menggunakan syarat yang telah ditentukan. Adanya masalah ekonomi yang menjadi hambatan untuk menjadi peserta asuransi. Tetapi dengan adanya asuransi membuat bbanyak orang menjadi bingung serta ragu untuk memilih asuransi mana yang akan dipilih.

Pilih Asuransi Atau BPJS Kesehatan Perusahaan

Perlu diperhatikan bahwa sebelum menjadi peserta asuransi pilihlah yang sesuai keperluan Anda. Akan sangat mengecewakan apabila kita memilih perusahaan asuransi dengan manfaat yang tiak sesuai atau merugikan peserta. Sebaiknya jika mengikuti salah satu perusahaan asuransi jangan pernah merahasiakan dari pihak keluarga karena jika terjadi sesuatu pihak keluarga yang akan mengurusnya. Kadang ada asuransi yang tidak mau menentukan ahli waris sehingga pilihlah asuransi yang benar-benar terpercaya dan memperhatikan ahli waris. Anda juga perlu membedakan antara investasi dan asuransi karena keduanya sangat mirip.

Setelah mengetahui tentang asuransi perusahaan swasta, berikut pertimbangan yang harus anda perhatikan jika akan memilih perusahaan jaminan kesehatan. Berikut perbedaan BPJS kesehatan dengan asuransi kesehatan

BPJS Kesehatan Perusahaan dengan Asuransi dari Rumah Sakit yang Digunakan
BPJS kesehatan dapat digunakan di rumah sakit yang sudah ada kerjasama dengan BPJS. Semua rumah sakit pemerintah mempunyai kerjasama dengan BPJS tetapi untuk rumah sakit swasta tidak semuanya bekerjasama. Hanya rumah sakit yang tertentu saja yang bersedia kerjasama. BPJS tidak dapat digunakan di rumah sakit yang tidak ada kerjasama dengan BPJS.

Sementara asuransi kesehatan menerima penggantian dari semua rumah sakit termasuk yang tidak kerjasama. Hanya saja untuk rumah sakit yang belum kerjasama pembayaran dilakukan dengan membayar terlebih dahulu sedangkan yang sudah bekerjasama cukup menggunakan kartu peserta.

BPJS Kesehatan Perusahaan dengan Asuransi dari Segi Manfaat
Pada BPJS kesehatan memiliki manfaat berupa fasilitas kesehatan yang lengkap. Sementara manfaat non medis pada BPJS yaitu mobil ambulan yang gratis apabila diperlukan. Fasilitas ini dikatakan lengkap karenapada perusahaan asuransi lain jarang yang memfasilitasi ambulan gratis.

Asuransi kesehatan fasilitas yang diberikan berupa fasilitas rawat inap di rumah sakit. Sementara untuk rawat jalan peserta harus membayar premi lagi dengan biaya yang cukup mahal. Fasilitas di asuransi kurang lengkap karena tidak memberikan fasilitas optik, gigi maupun kehamilan.

BPJS Kesehatan Perusahaan dengan Asuransi dari Segi Plafon
BPJS kesehatan tidak ada batasan plafon. Semua biaya ditanggung BPJS hanya saja harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. BPJS akan membayar kebutuhan pasien sampai sembuh. Biaya tambahan akan dikenakan apabila pasien ingin pindah ruang rawat inap yang kelasnya lebih tinggi maupun pembelian sejumlah obat yang tidak ditanggung BPJS.

Sementara pada asuransi terdapat batasan plafon. Apabila rawat inap maka asuransi akan membayar biaya kamar sampai batas maksimum yang telah disetujui. Begitu juga dengan biaya dokter, operasi maupun laboratorium, semua sesuai degan yang disepakati. Apabila melebihi batas maksimal maka Anda harus membayar kelebihan sendiri.

Demikian perbedaan asuransi dan BPJS dari segi rumah sakit, manfaat dan plafon. Dengan perbedaan tersebut maka Anda tidak perlu ragu untuk pilih asuransi atau BPJS kesehatan  perusahaan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Asuransi Atau BPJS Kesehatan Perusahaan"

Post a Comment