Waktu yang Tepat Membaca Niat Puasa Ramadhan

Doa niat puasa ramadhan merupakan salah satu yang menjadi syarat sah dari puasa yang diantara syarat sah puasa itu adalah diantaranya: Islam, berakal, suci dari haid dan nifas sepanjang siang dan berniat. Dan jika salah satu maupun semua syarat-syarat sah puasa tersebut tidak ada maka otomatis puasa tersebut tidaklah sah.

Mengenai niat, kita sudah mengetahui bahwa niat merupakan syarat sah dari puasa, karena puasa merupakan ibadah dan sedangkan jika ibadah puasa maupun ibadah yang lainnya tidak disertai dengan niat sebagai syaratnya maka ibadah tersebut tidaklah sah.
Sebagaimana sabda Nabi Saw:

انما الاعمال بالنيات

“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Waktu yang Tepat Membaca Doa Niat Puasa Ramadhan 
Dilakukannya niat puasa ramadhan itu adalah untuk membedakan dengan menahan lapar  dari biasanya. Karena menahan lapar bisa jadi hanya sekedar kebiasaan atau hanya dalam rangka diet saja, sehingga haruslah dibedakan dengan puasa yang merupakan kegiatan yang bernilai ibadah.

Perlu kita ketahui bahwa niat tersebut bukanlah diucapkan/dilafadzkan. Karena yang dimaksud niat merupakan maksud melakukan sesuatu dan tempatnya dari dalam hati. Dan tatkala seseorang melakukan sahur di pagi hari pasti dia sudah berniat dalam hati. Karena tidak melakukan seseorang makan sahur yang kemudian tidak memiliki niat sama sekali.

Banyak ulama yang berbeda pendapat tentang waktu membaca niat puasa ramadhan, yang pertama adalah menurut imam Hambali, menurutnya niat itu cukup pada awal puasa saja untuk satu bulan penuh. Yang kedua ialah menurut mazhab imam Maliki, menurutnya niat bisa dimulai ketika di awal ramadhan sekaligus.

Dan yang terakhir menurut Imam Syafii yang mengatakan bahwa niat itu dilakukan setiap malam atau bertepatan dengan terbitnya fajar shadiq. Bahkan jika misalnya ada seseorang yang berniat puasa satu tahun yang lalu, itupun sebenarnya sudah bisa dikatakan niat.

Adapun niat yang biasa diucapkan untuk berpuasa di bulan ramadhan ialah sebagai berikut:

Waktu yang Tepat Membaca Niat Puasa Ramadhan
Doa niat puasa ramadhan tulisan arab, latin dan artinya.

Bacaan Niat puasa Ramadhan Harian:

نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضان هذه السنة لله تعالى

Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat puasa Ramadhan Sebulan


نويت صوم شهر رمضان كله لله تعا لى

Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.



Demikianlah artikel mengenai niat puasa ramadhan, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan semoga selama kita puasa di bulan ramadhan tahun ini diterima oleh Allah SWT. Aamiin, Sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu yang Tepat Membaca Niat Puasa Ramadhan"

Post a Comment