Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah yang Benar

Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah - Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, ada banyak keutamaan yang ada pada bulan ramadhan ini melebihi keutamaan-keutamaan yang ada pada bulan yang lainnya. Al-quran yang menjadi kitab induk dan pedoman bagi umat Islam sampai detik ini , di samping itu ada pula lailatul qadar (malam seribu bulan) yang memiliki keutamaan-keutamaan yang luar biasa.

Selain digunakan sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mendapatkan pahala, bulan suci ini juga menjadi media bagi umat muslim untuk belajar menahan lapar juga hawa nafsu. Ada pula perintah untuk saling berbagi melalui diperintahkannya mengeluarkan zakat fitrah bagi siapa saja yang berhak untuk menerimanya.

Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah yang Benar
Gambar tulisan bacaan shalat tarawih arab, latin dan artinya.

Salah satu ritual ibadah umat muslim pada bulan ramadhan yang juga menjadi tradisi sejak zaman Nabi hingga saat ini ialah ibadah shalat sunnah tarawih.  Shalat tarawih adalah shalat sunnat yang dilakukan khusus yaitu hanya pada bulan ramadhan. Waktu pelaksanaan shalat tarawih adalah selepas Isya dan biasanya dilakukan secara berjama’ah di mesjid.  Dan setiap amalan tentunya tidak lepas dari yang namanya niat yang bertujuan untuk membedakan, begitupun dengan niat shalat tarawih.
Bacaan niat shalat tarawih wajib kita hafal setelah kita masuk pada masa akil baligh, karena pada setiap tahunnya akan digunakan sebagai penyempurna amalan ibadah puasa kita di Bulan ramadhan yang penuh berkah. adapun untuk bacaan niat shalat tarawih tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang.

Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah yang Benar
Diantara hal penting yang perlu kita pelajari oleh kita sebagai umat muslim ialah bacaan niat shalat tarawih. Niat shalat tarawih ini sebagaimana dengan shalat-shalat yang lain cukup diucapkan di dalam hati semata-mata hanya untuk Alla SWT dengan hati ikhlas dan mengharap ridha-Nya. Waktu melafalkan bacaan niat shalat tarawih pun tentunya pada saat kita akan melakukan shalat.

Nah sekarang anda tentunya ingin sekali mengetahui bagaimana bacaan Niat Shalat tarawih berjamaah yang baik dan benar sebagai makmum, ialah sebagai berikut:


أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا للهِ تَعَالَى

USHALLI SUNNATAT TARAAWIIHI RAK’ATAINI MA’MUMAN LILLAHI TA’AALAA.
Aku niat Shalat tarawih dua rakaat makmum karena Allah Ta’ala

Niat ini dilafadzkan sebelum mengangkat tangan untuk takbirotul ihrom. Dan ketika kita melafalkan niat shalat tarawih, serahkanlah semuanya kepada Allah SWT dan focus hanya berserah diri kepada-Nya.



Demikianlah artikel tentang Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah yang Benar yang bisa dijadikan referensi untuk anda gunakan sebagai bahan belajar yakni untuk menambah ilmu. Mudah-mudahan di bulan suci ramadhan ini kita selalu dijadikan orang yang mulia dan mudah-mudahan kita mendapat kemenangan serta dihapuskan segala dosa yang telah kita lakukan. Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Niat Shalat Tarawih Berjamaah yang Benar"

Post a Comment