Macam-macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan bulan suci penuh berkah adalah bulan ramadhan, bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim  penjuru dunia. Baiklah, pada kesempatan bahagia dan penuh dengan berkah ini tentunya artikel ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan puasa ramadhan yaitu doa berbuka ramadhan.

Hal yang harus kita pahami ialah bahwa pada saat datang waktu berbuka puasa adalah waktu di mana doa mustajab dan mudah dikabulkan. Kita dituntut untuk berbuka puasa di awal waktu dan Rasulallah Saw pernah bersabda: “Tiga orang yang tidak ditolak do’anya adalah: pemimpin yang adil, orang yang puasa ketika berbuka puasa, dan orang yang dianiaya. Allah SWT mengangkat doa-doa itu kea wan dan pintu-pintu langit pun terbuka.”

Macam-macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan
doa buka puasa yang shahih bergambar
tulisan arab, latin dan artinya

Macam-macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan
Pada artikel ini akan dibahas mengenai macam-macam doa berbuka puasa, yaitu terdapat  empat macam doa berbuka puasa ramadhan,  bagi anda yang penasaran apa saja dan bagaimana bacaan doa berbuka puasa tersebut maka silahkan anda simak di bawah ini, diantaranya:

• Doa berbuka puasa yang sering dibacakan oleh masyarakat pada umumnya

اللهم لك صمت وعلى رزقك افطرت
ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALA RIZQIKA AFTORTHU
“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.” (HR. Abu Daud dalam sunannya no. 2358,  dari Mu’adz bin Zuhroh yang merupakan tabi’in. sehingga hadits ini Mursal (di atas tabi’in terputu)

اللهم لك صمت وبك امنت وعلى رزقك ا فطرت
ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA BIKA AAMANTU WA’ALA RIZQIKA AFTORTU
“Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka.”

• Anjuran doa buka puasa yang shahih sesuai Sunnah Rasul


ذهب الظما, وابتلت العروق, وثبت الاجر ان شا ءالله
DZAHABA ZHOMA’U WABTALLATIL ‘URUQU WA TSABATAL AJRU INSYA ALLAH
“Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

اللهم اني اسالك برحمتك التي وسعت كل شيء, ان تغفرلي
ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA BI ROHMATIKAL LATII WASI’AT KULLA SYAI IN, AN TAGHFIROLII
“Ya Allah, aku memohon rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, yang dengannya Engkau mengampuni aku.” (HR. Ibnu Majah: 1/557, no. 1753; dinilai Hasan oleh Al-Hafizh dalam takhrij beliau untuk kitab Al-Adzkar 4/342 [8]

Nah, itulah macam-macam doa berbuka puasa ramadhan, anda biasa membaca yang mana? Yang manapun bacaan doa yang biasa anda gunakan, tetapkanlah niat doa tersebut tujuannya semata-mata hanya untuk meraih ridho Allah SWT, selamat menjalankan ibadah puasa. Sekian dan Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Doa Berbuka Puasa Ramadhan"

Post a Comment