#5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa - Saat berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu bagi yang tengah menunaikan ibadah puasa. Namun seringkali kita dikuasai oleh nafsu makan yang berlebih sehingga kita kadang berlebihan dalam menyantap menu berbuka bahkan ingin melapah semua makanan yang disajikan tanpa memperhitungkan kandungan gizi maupun kesehatannya.

Padahal saat puasa kita membutuhkan banyak nutrisi sehingga asupan makanan saat berbuka dan bersantap sahur pun harus diperhatikan guna menjaga nutrisi tubuh kita selama berpuasa. Oleh karena itu kita perlu tahu makanan apa saja yang baik ataupun justru yang perlu kita hindari sebagai menu berbuka.

Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa
meme buka puasa lucu

Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

1. Makanan bersantan atau berlemak
Makanan yang mengandung banyak lemak khususnya bersantan sebaiknya perlu kita hindari. Meskipun enak namun makanan yang mengandung santan dan berlemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan kita seperti sembelit dan penyakit pencernaan lainnya sehingga dapat mengganggu puasa kita.

2. Makanan pedas
Bagi kita yang mencintai makanan pedas tentu menghindari makanan pedas sangatlah menyiksa karena akan mengurangi selera makan kita. Namun khusus dibulan puasa agar puasa kita lancar kita perlu mengurangi bahkan menghindar menu makanan pedas karena dinding lambung sangat sensitif dengan rasa pedas apalagi jika disantap saat sahur maupun berbuka, kita bisa saja akan dengan mudah mengalami gangguan pencernaan.

3. Minuman bersoda
Selain menu makanan, terdapat minuman yang wajib kita hindari selama menjalani puasa yaitu minuman bersoda. Meskipun menyegarkan minuman bersoda dapat menimbulkan dehidrasi juga pemicu penyakit maag juga memperparahnya.

4. Makanan dan minuman yang terlalu manis
Rasulullah SAW memang mengajarkan kita untuk berbuka dengan yang manis, selain itu makanan manis menurut kesehatan juga sangat dianjurkan ketika berbuka guna mengembalikan kadar gula dengan segera setelah banyak hilang saat puasa. Namun yang perlu kita garis bawahi disini adalah makanan yang mengandung pemanis alami seperti kurma dan madu bukan makanan yang mengandung pemanis buatan atau gula yang berlebihan. Jika ingin tetap mempertahankan menu berbuka yang manis kita bisa menggantinya dengan kurma atau jus buah segar serta madu.

5. Es atau minuman dingin
Rasa haus yang berlebih ketika berbuka puasa kadang menimbulkan keinginan untuk selalu minum-minuman segar dan dingin guna melepas dahaga kita. Bahkan minuman dingin atau es menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Namun kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang sehat, lambung kita bisa saja kaget dan terjadi kontraksi jika langsung dihajar dengan minuman dingin ketika berbuka. Cobalah meminum-minuman hangat terlebih dahulu guna merangsang lambung kita agar tidak kaget.

Demikian beberapa informasi terkait Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa. Bagaimanapun selama berpuasa kita harus senantiasa memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita guna menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan fit selama menjalankan puasa. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "#5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa"

Post a Comment