Apakah Menangis Membatalkan Puasa atau Tidak

Ketika kita sedang puasa kita sering mempertanyakan apakah menangis membatalkan puasa? Lalu apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Ketika sedang bersedih memang wajar apabila kita menangis. Menangis memang sering dilakukan oleh wanita. Nah yang menjadi pertanyaan batal atau tidak ketika seseorang menangis.

Dalam artikel ini kita akan segera mengetahui apakah manangis membatalkan puasa ataukah tidak. Karena apabila kita kurang memahami hal-hal yang dapat membatalkan puasa maka kita juga akan sulit untuk menjabarkannya.

Apakah Menangis Membatalkan Puasa Atau Tidak
gambar meme lucu puasa nangis

Apakah Menangis Membatalkan Puasa
Sebelum kita mendapatkan jawabannya mari kita ketahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa. Rosulullah SAW sudah menyatakan bahwa terdapat tiga hal yang dapat membatalkan puasa seseorang.

1. Makan dengan sengaja
Makan dengan sengaja dapat membatalkan puasa seseorang. Namun apabila kita tidak sengaja memakan sesuatu ketika puasa maka hal tersebut tidak membuat puasa batal.

2. Minum dengan sengaja
Selain makan, minum dengan sengaja ketika sedang puasa dapat membatalkan puasa seseorang. Karena itu ketika puasa janganlah kita sengaja minum karena kehausan sebab dapat membatalkan puasa.

3. Berhubungan suami istri dengan sengaja
Selain makan serta minum secara sengaja ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk kita ketahui yaitu berhubungan suami istri dengan sengaja. Ketika berpuasa sebaiknya kita menahan diri agar tidak melakukan hubungan suami istri agar puasa kita tidak menjadi batal.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat menyebabkan puasa kitabatal. Diantaranya yaitu murtad, haid, nifas, melahirkan, hilang ingatan, mabuk, serta muntah dengan disengaja. Sedangkan menangis tidak akan membatalkan puasa. Tetapi apabila ketika menangis dilakukan dengan kencang maka dapat mengurangi pahala berpuasa itu sendiri.



Apakah Menangis Membatalkan Puasa, Jawabannya Adalah Tidak

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa menangis memang tidak akan membatalkan puasa. Menangis karena sebab apapun tidak akan membuat puasa kita akan menjadi batal. Kecuali apabila kita menangis kemudian minum air putih dengan sengaja atau karena alasan tertentu akan membuat puasa kita menjad batal.

Jadi agar puasa kita tidak menjadi sia-sia serta dapat membatalkan pahala maka sebaiknya kita mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat ketika bulan Ramadhan. Janganlah melakukan hal-hal yang dapat merugikan kita sendiri misalnya dengan melakukan pencurian, berbohong, marah karena dapat mengurani pahala puasa.

Dan apabila kita menangis sebaiknya kita dapat mengontrol diri kita sendiri agar tidak berlebihan. Menangis memang tidak dilarang dan tidak akan membatalkan puasa tapi kita juga harus ingat batasan ketika menangis supaya tidak mengganggu orang lain juga. Demikian beberapa hal yang dapat dijelaskan serta jawaban dari pertanyaan apakah menangis membatalkan puasa atau tidak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Menangis Membatalkan Puasa atau Tidak"

Post a Comment