#5 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Mudah Disajikan

Pada bulan Ramadhan kali ini, tentu anda harus lebih memperhatikan lagi tentang asupan-asupan terbaik yang semestinya anda sajikan sebagai Menu Buka Puasa Dan Sahur. Hidangan menu untuk sahur dan buka puasa yang baik tentu adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Menu Buka Puasa Dan Sahur yang Di Anjurkan
Berikut ini adalah beberapa Menu Buka Puasa Dan Sahur yang sehat dan penting untuk menjaga kesehatan anda saat berpuasa.

1. Minuman yang manis
Minuman yang manis tentu merupakan sebuah sajian yang pas untuk berbuka maupun sahur. Lebih baik minuman manis yang anda sajikan tersebut menggunakan rasa manis yang alami tanpa campuran  gula. Minuman manis seperti ini dapat anda peroleh dari air kelapa, jus buah, dll.

2. Karbohidrat 
Karbohidrat tentu dapat anda peroleh dari nasi. Namun, anda tidak harus menyantap nasi saat anda berbuka sebab karbohidrat juga dapat anda peroleh dari bahan lainnya. Anda dapat mengkonsumsi kentang rebus ataupun jenis umbi lainnya.

3. Buah dan Sayuran
Menu ini merupakan menu wajib yang harus anda konsumsi. Mengkonsumsi sayur dan buah  dapat mencukupi kebutuhan anda akan mineral dan vitamin. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah yang bervariasi etiap harinya. Buah pisang, mangga, pepaya, semangka, melon, apel,  kiwi, atau jenis buah lainnya adalah pilihan yang ideal untuk buka dan sahur anda. Disamping itu, anda juga dapat mengkonsumsi sayuran hijau. Hal ini disebabkan, selain mudah untuk dicerna, sayuran hijau juga mempunyai banyak kandungan alkalin sehingga sangat ideal dalam memaksimalkan kesehatan tubuh.

4. Minum air putih
Walaupun anda melakukan puasa seharian, anda harus tetap mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari agar anda tidak mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, saat berbuka dan juga sahur anda tetap harus banyak minum air putih.

5. Mengkonsumsi kurma
Selain sebagai salah satu anjuran nabi, menghidangkan kurma di menu buka puasa dapat menambah energi setelah seharian anda berpuasa.Tapi, yang harus anda perhatikan adalah kebanyakan kurma yang dijual dipasaran merupakan jenis kurma yang diawetkan dengan gula. Anda harus pandai dalam memilih kurma yang tidak banyak mengandung gula buatan.

Menu Buka Puasa Dan Sahur yang Harus Di Hindari

Untuk Menu Buka Puasa Dan Sahur yang sehat, tentu anda harus menghindari makanan yang digoreng serta mengandung banyak minyak. Selain diketahui telah banyak berita yang memuat informasi tentang efek dari gorengan pada kesehatan, mengkonsumsi  makanan yang digoreng serta mengandung banyak minyak saat sahur dan berbuka puasa dapat memberikan efek haus yang cukup lama. Disamping itu, minyak goreng berlebih dapat mengikat oksigen dalam darah sampai 20% sehingga akan memberikan efek mengantuk pada anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "#5 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Mudah Disajikan"

Post a Comment