Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat

Moment berbuka memang selalu menjadi moment yang ditunggu bagi orang yang berpuasa, tidak hanya untuk melepas dahaga setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga, namun saat moment itulah keluarga saling berkumpul dan bercengkrama ringan sembari menyantap hidangan berbuka. Aneka makanan menu berbuka disajikan guna memuaskan dahaga, namun tahukah kita jika saat berbuka kita harus tetap memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Kita perlu tahu Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat.

Islam sendiri mengajarkan kita untuk mengawali berbuka puasa dengan makanan yang manis. Buah dan sayuran segar juga sangat dianjurkan sebagai menu sahur maupun berbuka karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya saat bulan puasa agar tubuh tetap terjaga asupan gizi yang seimbang. Berbagai macam buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural serta baik untuk kesehatan. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka adalah menu takjil yang paling sering kita temui saat moment berbuka. Buah-buahan yang bersifat mudah dicerna menawarkan berbagai nutrisi yang dapat menjadi transisi antara masa puasa dan berbuka.

Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat
gambar dp bbm: nikmatnya kolak pisang saat berbuka puasa

Beberapa contoh Menu takjil buka puasa yang baik untuk kesehatan diantaranya:
1. Buah kurma
Buah kurma sangat dianjurkan sebagai menu berbuka puasa karena kurma merupakan buah yang paling kaya akan kandungan glukosa alami yang baik untuk tubuh. Menjadikan buah kurma sebagai menu takjil dapat membantu mengembalikan energi kita yang sebelumnya telah hilang selama berpuasa, dan kurma sangat baik untuk kesehatan.

2. Kolak Pisang
Rebus 150 gr singkong dan 200 gr yang sudah dipotong-potong ke dalam panci yang sudah diisi dengan 1500 ml air, tunggu sampai berwarna kuning dan matang. Kemudian masukan 400 gr gula merah dan 3 lembar daun pandan, tunggu hingga masak dan mendidih. Setelah itu tambahkan 2 buah pisang tanduk yang sudah dipotong miring, tunggu sampai masak meresap. Lalu masukan 50 gr nangka, 800 ml santan, dan 1 sendok teh garam untuk menambah gurih. Masak sampai mendidih. Kolak pisang manis legit siap dihidangkan.

3. Kolak nangka jagung manis
Siapkan 500 ml santan, didihkan bersama ½ cangkir beras ketan sembari terus diaduk untuk mencegah ketan lengket, biarkan mendidih sekitar 12 menit. Tambahkan ½ cangkir nangka yang diiris tipis, 400 g jagung manis pipil dan 1 sendok teh vanili. Biarkan mendidih hingga 4 menit atau sampai beras ketan sepenuhnya matang, jika ketan terlihat belum sepenuhnya matang bisa ditambahkan ¼ cangkir air bersih. Masukan susu kental manis kira-kira ¼ cangkir lalu tambahkan gula pasir sesuai selara. Sajikan saat masih panas.

Demikian informasi tentang Menu takjil buka puasa yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menu Takjil Buka Puasa Praktis dan Sehat"

Post a Comment