#6 Minuman Buka Puasa yang Kurang Baik untuk Kesehatan

Minuman Buka Puasa - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa dibulan suci Ramadhan, umumnya setiap umat Islam melakukan puasa wajib. Makna dari puasa itu sendiri secara mendalam adalah menahan diri dari segala yang membatalkan, baik menahan diri dari makan dan minum.

Menyoal tentang minuman, terdapat beberapa hal yang mestinya kita ketahui tentang jenis minuman buka puasa apa saja yang tidak baik untuk kesehatan. Karena pada saat puasa, nutrisi sangat penting untuk tubuh dan sebisa mungkin, pada saat kita berbuka puasa untuk minum-minuman yang menyehatkan dan selalu menghindari minuman yang tidak menyehatkan tubuh.

Minuman Buka Puasa yang Kurang Baik untuk Kesehatan
meme selamat berbuka puasa

Macam-Macam Minuman Buka Puasa yang Kurang Baik untuk Kesehatan

1. Minuman Dingin
Setelah seharian berpuasa, tubuh akan terasa kehilangan banyak cairan dan merasakan haus. Kondisi seperti ini akan sangat mendorong kita untuk minum-minuman yang yang dingin. Namun, sebenarnya mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa itu salah satu kebiasaan yang kurang baik. Karena minum dingin saat buka puasa dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.

2. Kopi
Hindari minuman yang mengandung kafein, misalnya saja seperti kopi. Kafein pada kopi sangat tidak baik untuk lambung kita, apalagi ketika kita sedang berpuasa. Pada saat puasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Maka, secara otomatis asam lambung akan meningkat. Kopi itu sendiri dapat merangsang pengeluaran asam lambung. Produksi asam lambung berlebih akan membuat kita merasa mual-mual.

3. Santan
Santan merupakan salah satu cairan atau minuman yang dianggap tidak menyehatkan tubuh. Karena di dalamnya banyak mengandung lemak yang menyulitkan lambung dalam mencerna saat berbuka puasa.

4. Soda
Minuman yang mengandung soda sebisa mungkin untuk dihindari saat buka maupun sahur. Pasalnya minuman bersoda ini salah satu minuman yang paling tidak menyehatkan tubuh. Karena, minuman jenis ini banyak sekali mengandung gula dan kafein. Selain itu juga dapat merusak gigi, minuman ini juga bisa menyebabkan kegemukan dan diabetes.

5. Jus buah
Sari buah asli memang sehat buat kita. Namun, jus buah yang dalam kemasan tidak terlalu sehat. Pasalnya, dalam jus buah kemasan tersebut banyak ditambahkan gula dan zat pengawet. Umumnya satu pak jus buah mengandung 45 gram gula dan 160 kalori total. Akan lebih baik kami sarankan untuk membuat jus buah sendiri pada saat buka maupun sahur.

6. Minuman berenergi
Minuman berenergi banyak mengandung kafein. Tidak heran jika minuman tersebut menjadi salah satu minuman yang tidak menyehatkan. Meskipun kita memiliki energy dalam beberapa waktu setelah minum-minuman yang berebergi tersebut, ternyata efek samping dari kafein yang berlebihan dapat membuat kita menjadi sulit berkonsentrasi dan pusing.

Hindari Minuman Buka Puasa yang Kurang Baik untuk Kesehatan
Setelah kita semua tahu, bahwa pada saat puasa kita sangat kelelahan dan membutuhkan banyak energy. Maka tidak ada salahnya mulai dari sekarang memilih minuman yang menyehatkan bagi tubuh serta menghindari Minuman Buka Puasa yang kurang baik untuk kesehatan.

Demikian itu pembahasan dalam artikel ini tentang minuman buka puasa, semoga dapat menjadi referesni bagi Anda semuanya di dalam menjalankan ibadah puasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "#6 Minuman Buka Puasa yang Kurang Baik untuk Kesehatan"

Post a Comment