Macam-Macam yang Membatalkan Puasa Bagi Wanita

Sebentar lagi bulan suci Ramadan akan kembali menyapa bagi setiap umat muslim dan muslimah. Tentu, selain mempersiapkan diri secara rohani dan jasmani, namun pengetahuan tentang apa saja yang membatalkan puasa menjadi sangat penting untuk diketahui. Apalagi jika seorang muslimah, mereka harus tahu apa saja yang membatalkan puasanya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa wanita memiliki banyak potensi untuk batal puasanya karena beberapa hal.

Terdapat 5 hal yang membatalkan puasa bagi wanita jika dilakukan. Mari kita simak pembahasan dalam artikel ini:

5 Hal Yang Membatalkan Puasa Bagi Wanita

1. Haid dan nifas.
Wanita tentunya akan mengalami haid dan nifas. Darah haid yang datang setiap bulan dan darah nifas yang keluar setelah melahirkan, akan membuat wanita muslim tidak dapat berpuasa. Maka dari itu, untuk mengganti puasa Ramadannya, wanita muslim diwajibkan untuk menggantikan puasanya di lain kesempatan.

2. Berhubungan intim di siang hari.
Puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, namun puasa juga harus menghindari berhubungan intim mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Barang siapa yang melakukan hubungan intim disaat puasa, maka wajib baginya membayar kafarat dengan membebaskan budak atau berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Atau sama halnya dengan memberi makan 60 orang miskin.

3. Murtad.
Seorang wanita muslim yang sedang melakukan ibadah puasa dan kemudian keluar dari agama Islam atau murtad, maka secara otomatis puasanya itu batal. Karena salah satu syarat wajib berpuasa itu adalah mereka yang beragama Islam. Maka pada saat ia keluar Islam atau Murtad, maka gugurlah puasa seorang wanita tersebut.

4. Hilang akal atau gila.
Salah satu syarat wajib melakukan puasa Ramadhan adalah berakal. Tentu, orang gila tidak memiliki kewajib berpuasa kecuali bila melakukan sesuatu secara sengaja yang mengantarkannya pada kegilaan. Seperti halnya kita mengalami shock yang berlebihan karena suatu masalah. Makah hal tersebut masih boleh berpuasa, karena masih hilang akal untuk sementara, tentu mereka masih memiliki kewajiban untuk mengganti puasanya di lain waktu.

5. Apa-apa yang dianggap sama seperti makan dan minum.
Hal ini merujuk pada dua perkara, yakni proses pemindahan darah atau transfusi darah dan masuknya infuse. Karena infus termasuk salah satu zat makanan dalam bentuk cairan elektrolit yang fungsinya sebagai pengganti makanan.

Pentingnya Mengetahui Yang Membatalkan Puasa Bagi Wanita

Bahwa ada dua jenis hal yang membatalkan puasa, yang pertama: karena ada sesuatu yang masuk, seperti makan dan minum, dan yang kedua: karena ada sesuatu yang keluar, seperti muntah haid dan nifas. Maka sayogyanya wanita harus tetap hati-hati dan waspada saat dirinya tengah mengalami hal tersebut.

Demikian pembahasan dalam artikel ini tentang yang membatalkan puasa bagi wanita, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam yang Membatalkan Puasa Bagi Wanita"

Post a Comment