Apa Saja Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Di Bulan Ramadhan

Terdapat beberapa perkara perihal yang membatalkan puasa dan itu berlaku untuk semua puasa baik wajib seperti saat di bulan suci Ramadhan. Maka dari itu, di dalam melaksanakan ibadah puasa perlu sikap yang sangat hati-hati, agar terhindar dari segala hal-hal yang membatalkan puasa di bulan ramadhan.

Selain beberapa hal yang dapat membatalkan puasa tersebut, juga perlu menahan diri dari hal yang dapat menjadikan rusaknya puasa. Berikut ini hal-hal yang membatalkan puasa di bulan ramadhan:

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Diketahui

1. Makan Dan Minum Disengaja. 
Makan dan minum dengan sengaja merupakan salah satu yang menyebabkan puasa batal.

2. Jima’.
Orang yang sedang puasa Ramadhan, mereka tidak diperbolehkan jima’ di waktu puasa (siang hari). Melakukan jima’ siang hari dengan sengaja baik dengan istri atau suami baik keluar mani atau tidak, sama halnya puasanya batal.

3. Mengeluarkan Mani Dengan Sengaja.
Mengeluarkan mani secara sengaja sampai keluar sperma dapat membatalkan puasa. Kecuali dalam keadaan mimpi.

4. Muntah Disengaja.
Muntah disengaja, misalnya saja seperti memasukan jari kedalam kerongkongan agar muntah, kecuali muntah karena sakit atau mabuk di perjalanan.

5. Haid Dan Nifas.
Haid dan nifas  ini hanyab berlaku bagi kaum Hawa saja. Mereka justru dilarang berpuasa. Namun tetap saja mengganti dikemudian hari.

6. Memasukkan Jarum suntik.
Masukan sesuatu hal dalam tubuh melalui jarum suntik yang bertujuan untuk mengenyangkan.

7. Gila (hilang akal).
Orang yang mengalami gangguan jiwa atau kegilaan tidak diwajibkan berpuasa, jika sedang berpuasa lalu tiba-tiba mengalami gila puasanya batal.

8. Memasukan Benda melalui Kubul dan Dhubur.
Sengaja memasukan benda padat atau cair melalui kedua lubang (dubur atau qubul), hal ini juga dapat membatalkan puasa.

9. Menghisab asap rokok Dengan Sengaja.
Pada saat menjalankan ibadah puasa, rokok adalah salah satu penyebab batalnya puasa. Karena asab rokok termasuk benda (ain) yang bisa masuk kedalam lambung.

10. Murtad.
Murtad merupakan salah satu dari yang membatalkan puasa. Misalnya saja, ia mengingkari keesaan Allah dan tidak mengakui bahwa Tiada Tuhan selain Allah ketika sedang puasa, Maka puasanya menjadi batal.

Bagi mereka yang melakukan puasa wajib dan berniat puasa pada malam harinya, kemudian siang harinya mereka melakukan salah satu dari 9 hal-hal yang membatalkan puasa di bulan ramadhan tersebut, maka diwajibkan untuk meng-qadha (mengganti) dan membayar kafarat sebagai hukuman yang setara. Jika tidak mampu, mereka harus mengganti puasanya diluar bulan suci Ramadhan.

Demikian artikel tentang hal-hal yang membatalkan puasa di bulan ramadhan, semoga pembahasan dalam artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda semuanya perihal ibadah di bulan suci Ramadhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment