#6 Hal Yang Mengurangi Pahala Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa kita harus mengetahui hal-hal yang mengurangi pahala puasa agar puasa yang kita lakukan tidak sia-sia.Indahnya bulan Ramadhan dapat kita jadikan sebagai bulan untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Hal-hal yang mengurangi pahala puasa sebisa mungkin kita jauhi baik berupa tutur kata maupun perilaku kita. Hal ini sangat penting karena selain untuk mendapatkan pahala di bulan puasa juga akan menjadikan kita berperilaku lebih baik lagi.

6 Hal Yang Mengurangi Pahala Puasa
gambar dp bbm meme puasa ramadhan

Berikut 6 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa
Berikut ini beberapa hal yang harus kita hindari saat berpuasa agar pahala kita tidak berkurang.

1. Melihat lawan jenis dan menimbulkan nafsu
Ketika berpuasa sebaiknya kita menjaga pandangan kita. Tetapi sebagai manusia normal terkadang kita tidak menyadari bahwa ketika berinteraksi, ngobrol baik lewat media sosial maupun secara langsung jika menimbulkan nafsu maka akan mengurangi pahala puasa kita. Karena itu sebaiknya kita senantiasa menjaga pandangan kita selama bulan puasa.

2. Bertengkar
Setiap orang memang mempunyai pandangan dan pendapat sendiri-sendiri mengenai sesuatu hal. Jika kita sedang berpuasa terutama di bulan Ramadhan, maka hal-hal atau pendapat yang menimbulkan adu argumen dan pertikaian sebaiknya dihindari. Karena bertikai dan beradu mulut dapat mengurangi pahala puasa kita.

3. Berkata dan berbuat tanpa manfaat
Di bulan yang penuh berkah saat kita menjalankan ibadah puasa sebaiknya kita semaksimal mungkin berkata serta berbuat yang mengandung manfaat bagi orang lain. Mengatakan sesuatu atau berbuat yang tidak mengandung manfaat juga dapat mengurangi pahala.

4. Mencuri
Mencuri merupakan perbuatan yang tidak baik. Jangan sekali-kali mengambil serta menggunakan milik orang lain tanpa ijin pemiliknya karena itu bukan merupakan hak kita.mencuri tidak hanya dalam artian uang atau barang saja, namun bisa saja mencuri waktu maupun mencuri hak orang lain.

5. Menggunjing
Kita harus benar-benar menjaga perkataan kita pada bulan puasa. Seringkali secara tidak sengaja apabila kita bertemu dengan teman atau nongkrong kita sedang menggunjing orang lain. Sebaiknya hindarilah membicarakan hal yang tidak penting atau yang dapat menyakiti orang lain agar pahala puasa kita tidak berkurang.

6. Berdusta
Dusta atau bohong merupakan perkataan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Hal ini harus dihindari karena dapat mengurangi pahala puasa kita.



Pentingnya Mengetahui Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Kita perlu tahu tentang hal apa saja yang dapat menurangi pahala puasa kita. Ini penting karena kita akan memperoleh batasan-batasan tentang apa yang harus kita lakukan selama bulan puasa agar pahala kita tidak berkurang.

Tentunya kita tiak ingin apabila ibadah puasa kita berkurang pahalanya dan kita seharian hanya mendapatkan sedikit pahala bahkan tidak ada pahala sama sekali. Sangat penting untuk menjaga pandangan, tutur kata, maupunperbuatan kita kepada orang lain agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Demikian beberapa hal yang mengurangi pahala puasa semoga bermanfaat untuk kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "#6 Hal Yang Mengurangi Pahala Puasa"

Post a Comment